Mien R Uno mempersembahkan “Total Image” untuk generasi muda yang ingin berwirausaha

Mien R Uno, Ibu Sandiaga Uno baru saja mendapatkan gelar doktor kehormatan (doctor honoris causa) bidang kewirausahaan dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Dalam sambutan akademiknya, Mien Uno juga menjelaskan pentingnya citra total

yang harus dimiliki oleh para wirausahawan muda. Hal itu juga ditegaskan saat konferensi pers virtual penyerahan gelar doktor kehormatan (Honoris Causa) kepada Mien R. Uno melalui Zoom pada Selasa, 19 Oktober 2021.

Baca juga:
Universitas UMN-Silla Dirikan Pusat Pelatihan Kompetensi Industri 4.0

Menurut Mien Uno, Total Image berarti 3 variabel yaitu perilaku, otak dan sehat.

“Dalam gambaran besar ada tiga variabel, perilaku, otak, sehat. Ketiga variabel ini tidak ada dimanapun saya melakukan penelitian. Banyak ahli hanya memiliki dua, tidak ada tiga. Jadi saya agak terpaksa menawarkan itu dengan totalitas kita, integritas diri yang menjadikan karakter bagian dari kepribadian SDM Indonesia,” jelasnya melalui Zoom.

Jadi apa penjelasan untuk perilaku, otak, menjadi sehat?

  1. Perilaku

Mien Uno mendefinisikan variabel perilaku dalam Total Image sebagai sikap positif, proaktif, pengenalan kekuatan dan kelemahan diri sendiri serta pemahaman tentang toleransi/sensitivitas, etika dan integritas.

Menurutnya, pengusaha muda harus menyampaikan nilai-nilai unggul

dengan perilaku tersebut.

  1. otak

Otak erat kaitannya dengan ilmu pengetahuan dan kemajuan zaman. Dengan variabel kedua, Total Image, wirausahawan muda perlu memiliki wawasan yang luas, baik dengan banyak membaca buku, banyak bertukar pikiran, menghadiri rapat maupun seminar.

“Setiap orang pasti memiliki potensi masing-masing, yang harus terus diasah dan dikembangkan lebih lanjut sesuai dengan situasi saat ini agar mampu menghadapi permasalahan, tantangan atau persaingan global yang sedang berkembang,” jelasnya.

Dalam hal ini, kata Mien, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat diperlukan, namun variabel pertama tidak boleh kita lupakan.

“Tentunya harus diasah dengan kemajuan teknologi yaitu oleh otak. Tapi teknologi otak harus berbatas dari etika, moralitas, moralitas dan agama,” jelasnya.
Baca juga:
4 inovasi pendidikan terbaik tahun 2020 salah satunya Robot Tutor

  1. Jadilah sehat

Salah satu hal terpenting yang harus dimiliki pengusaha muda adalah variabel ketiga, yang meliputi kesehatan, kebersihan, ketertiban, dan ekspresi.

Ibu Sandiaga Uno menjelaskan bahwa orang yang percaya dengan kemampuannya dapat menunjukkan dirinya di lingkungan. Penting untuk membuat kesan positif dalam pengaturan apa pun.

Baca Juga:

nac.co.id
futsalin.id
evitdermaclinic.id
kabarsultengbangkit.id
journal-litbang-rekarta.co.id
jadwalxxi.id
gramatic.id
tementravel.id
cinemags.id
streamingdrama.id
snapcard.id
katakan.id
cpdev.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar